APAR Tonata - Isi Ulang

APAR atau alat pemadam api ringan merupakan alat keamanan yang wajib tersedia di semua lingkungan mulai dari lingkungan rumah, perkantoran, ruang publik, hingga kendaraan mulai dari kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Untuk memastikan tabung APAR dapat bekerja dengan maksimal, ada berbagai aspek yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah memastikan bahwa media pemadam dalam tabung masih tersedia.

Apabila tabung APAR tersebut telah dipergunakan, maka tabung tersebut perlu diisi ulang. Begitu pula halnya apabila tabung tersebut telah memasuki masa kadaluarsa. Dalam kondisi seperti itu, tabung perlu diisi ulang untuk memastikan APAR dapat berfungsi dengan maksimal untuk memadamkan api. Prosedur isi ulang itu sendiri sebenarnya terbilang cukup mudah dan tidak terlalu rumit. Namun, semuanya harus memenuhi prosedur tersendiri untuk memastikan media isi ulang telah sesuai dan nantinya dapat bekerja dengan maksimal.

Tata Cara Refill APAR Tonata

Hampir semua tahapan di bawah sudah dilakukan secara otomatis oleh mesin sehingga persentase human error semakin kecil. Hal tersebut yang mengakibatkan refill di Tonata dapat memakan waktu yang lebih lama dibanding di tempat lain. Tetapi jangan khawatir, kami selalu sediakan APAR back-up atau pengganti selama APAR pelanggan kami isi ulang. Tata cara refill APAR Tonata dilakukan sesuai dengan langkah-langkah berikut yaitu:

1. Bersihkan sisa-sisa atau residu media pemadam api dalam tabung.

Cara membersihkan residu media dilakukan sesuai dengan jenis media tersebut. Dengan begini, media yang lama tidak akan tercampur dengan media baru yang mungkin dapat mengganggu efektivitas kerja media pemadam.

Cara paling umum yang digunakan untuk membersihkan sisa media pemadam dari dalam tabung adalah dengan memegang tabung secara vertikal ataupun secara terbalik dan menekan handle secara terus menerus hingga indikator penunjuk tekanan menunjukkan angka 0. Pastikan media yang masih tersisa sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Semprotkan isi tabung ke kantong atau tempat tertentu. Untuk beberapa jenis media seperti halogen, Anda membutuhkan alat dan sistem khusus untuk melakukan proses pengosongan dan refill tabung.

2. Buka valve dan tabung APAR untuk melakukan pengecekan bagian dalam tabung untuk memastikan tabung tidak rusak, cacat, ataupun berkarat. Mulailah dengan melepaskan hose yang terhubung pada valve. Setelah itu, lanjutkan dengan membuka valve. Cara membuka valve adalah dengan menjepit tabung dengan alat seperti tang, setelah itu putar kepala valve dengan memutar pegangan ke arah kanan (berlawanan arah jarum jam), kemudian tarik kepala sampai keluar seutuhnya. Lakukan hal ini dengan hati-hati agar tidak menggores bagian dalam tabung dan menyebabkan terjadinya kebocoran.

3. Lakukan pengecekan pada berbagai komponen atau bagian APAR yang lain seperti seal head dan seal spindle. Cek kondisi kedua komponen tersebut apabila sudah rusak, ganti dengan yang baru. Selain itu, cek juga safety pin tabung. Tabung yang sudah digunakan umumnya sudah tidak memiliki safety pin sehingga perlu diganti dengan yang baru. Lakukan pengecekan secara menyeluruh untuk memastikan semua komponen masih layak pakai.

4. Melakukan refill

Sebelum melakukan refill, cek kembali bagian dalam tabung untuk melihat apakah masih ada sisa media didalam tabung tersebut atau tidak. Bila masih, keluarkan dan buang di tempat pembuangan yang sesuai dengan jenis media.

Pada tahap ini, refill bisa dilakukan. Pergunakan media refill yang sesuai. Bila APAR tersebut mempergunakan media dry chemical, maka isi kembali dengan media yang sama. Selain itu, pastikan untuk mengisi APAR sesuai dengan kapasitas tabung, jangan sampai kurang dan jangan sampai lebih. Hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja APAR nantinya

Untuk memudahkan pengisian, gunakan corong pada lubang pemasukan tabung. Tuangkan media pemadam ke dalam tabung secara perlahan untuk mencegah terjadinya tumpahan. Pastikan untuk mengisi media dalam jumlah yang tepat. Informasi ini dapat ditemukan di stiker yang ada pada tabung.

Pergunakan corong plastik untuk mengisi media ke dalam tabung. Penggunaan corong metal dapat menggores permukaan tabung yang dapat menyebabkan terjadinya kebocoran.

Untuk beberapa tipe APAR, Anda mungkin harus menggunakan sistem pengisian khusus berupa sebuah alat yang secara otomatis memasukkan media ke dalam tabung melalui selang.

5. Bersihkan tabung dari sisa media yang mungkin terjatuh dan menempel di tabung selama proses refill. Anda dapat mempergunakan sikat kecil untuk membersihkan leher tabung dan lap lembut untuk seluruh bagian tabung. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya korosi apabila media menempel di bagian luar tabung dan untuk memastikan valve dapat terpasang dengan sempurna.

6. Lakukan penimbangan

Berat total APAR sama dengan berat tabung + berat media yang telah dimasukkan. Informasi mengenai berat tabung tercantum pada stiker tabung. Pastikan berat tabung setelah proses refill sesuai dengan ketentuan. Apabila beratnya masih kurang, maka jumlah media yang dimasukkan masih kurang dan perlu ditambahkan lagi.

7. Memasang head, valve, dan pipa dalam tabung. Pergunakan komponen asli dari masing-masing tabung, atau bila dibutuhkan, ganti dengan komponen yang sesuai dengan tabung.

8. Melakukan pengisian tekanan nitrogen (N2) sesuai standar. Tekanan ini bisa bervariasi antara satu tabung dengan yang lain namun umumnya tekanan standar berada di angka 13 – 18 bar. Pastikan untuk melakukan pengisian tekanan yang tepat sesuai dengan informasi yang tercantum di manual agar tabung APAR refill dapat berfungsi dengan maksimal

9. Tahap selanjutnya adalah pengecekan kebocoran dengan cara tabung direndam di dalam bak air. Apabila tidak ada kebocoran, maka tabung bagian luar dapat dibersihkan dan siap dipergunakan kembali. Akan tetapi, di Tonata, kami sudah melakukannya dengan mesin otomatis, sehingga human error semakin kecil persentasenya.

ilustrasi pengisian APAR Tonata

Harga Refill APAR Tonata

Proses refill APAR harus dilakukan dengan tepat dan sesuai tuntunan untuk memastikan APAR dapat bekerja dengan maksimal. Harga refill APAR itu sendiri akan bervariasi antara satu dengan yang lain sesuai dengan jenis media dan ukuran tabung. Sangat disarankan untuk melakukan pengisian atau refill APAR di tempat-tempat terpercaya yang telah mendapatkan rekomendasi dari pihak berwenang.

Harga refill APAR Tonata saat ini berdasarkan media:

1. Refill APAR jenis bahan dry chemical powder adalah Rp 35.000/kg

Dipergunakan untuk memadamkan api kelas A, B, dan C

2. Refill APAR jenis bahan karbondioksida (C02) adalah Rp 25.000/kg

Dipergunakan untuk memadamkan api kelas B dan C

3. Refill APAR jenis bahan foam atau busa adalah adalah Rp 25.000/kg

Dipergunakan untuk memadamkan api kelas A dan B

Selain mengetahui proses refill APAR yang tepat, Anda juga perlu mengetahui cara merawat alat keamanan yang satu ini. Beberapa tips perawatan utama untuk tabung APAR adalah:

1. Melakukan pengecekan tekanan udara pada tabung APAR sebulan sekalli

Pada bagian atas tabung APAR terdapat pressure gauge yang menunjukkan besar tekanan udara tabung. Apabila jarum pada pressure gaude berada di luar area hijau, maka Anda perlu memanggil tenaga profesional untuk mengecek kondisi tabung tersebut. Hal yang sama perlu Anda lakukan apabila tabung APAR tidak memiliki pressure gauge.

2. Melakukan pengecekan fisik terhadap kondisi tabung APAR sebulan sekali

Cek kondisi tabung secara berkala untuk melihat apakah ada kerusakan, cacat, atau komponen yang hilang dari tabung. Dalam kondisi tersebut, segera ganti komponen tersebut dengan yang baru.

Refill APAR Tonata merupakan bagian dari proses perawatan yang wajib dilakukan. Dengan proses perawatan yang tepat dan refill tabung sesuai waktunya, maka APAR dapat berfungsi dengan optimal pada saat dibutuhkan. Hubungi kami untuk bantuan refill dimanapun anda berada!

Join our newsletter

Volutpat vel turpis nulla lorem sed semper. Aliquam sagittis sem libero viverra vehicula nullam ut nisl.

[contact-form-7 id=”210″ /]

Leave A Comment