homepage_1certificate tonata

Mengapa Tonata merupakan APAR Terbaik untuk Kebutuhan Anda?

Tonata merupakan APAR terbaik yang mampu menjawab semua kebutuhan Anda. Tonata telah melewati berbagai uji dan mendapatkan sertifikasi yang membuatnya menjadi produk APAR terbaik di pasaran saat ini.

Dalam memilih APAR, tentu Anda perlu mempertimbangkan banyak hal. Tipe api yang mungkin terjadi di lingkungan rumah atau tempat kerja Anda, harga, ukuran, dan tentu saja kualitas produk menjadi beberapa pertimbangan utama. Dari sekian banyak pilihan yang ada, APAR Tonata merupakan pilihan terbaik. Mengapa? Karena APAR Tonata mengusung berbagai kelebihan yang membuatnya menjadi produk terpercaya dan berkualitas. Berbagai kelebihan APAR Tonata ditunjukkan oleh sertifikasi kualitas produk yang dimiliki yaitu:

APAR Tonata 2 Kg

APAR Tonata dan Sertifikasi SNI ISO 9001:2015

Sertifikasi kualitas APAR Tonata yang pertama adalah SNI ISO 9000:2015. ISO (International Organization of Standarization) adalah sebuah lembaga tingkat internasional yang memberikan atau menerbitkan sertifikasi untuk organisasi/perusahaan yang mampu menerapkan Quality Management System (QMS) atau Sistem Manajemen Mutu (SMM) sesuai standar.

Sertifikasi ISO sendiri terdiri dari berbagai jenis dan seri ISO 9001 merupakan jenis yang paling terkenal di seluruh dunia. Standar ISO seri 9001 yang terbaru adalah ISO 9001:2015 yang diterbitkan tahun 2015. Perusahaan/organisasi yang memiliki produk berstandar ISO 9001:2015 dapat menjual produk tersebut ke berbagai negara lain.

APAR Tonata sendiri telah memiliki sertifikasi SNI ISO 9001:2015. Artinya, APAR Tonata memiliki kemampuan untuk menunjukkan konsistensi dalam menyediakan produk dan servis yang sesuai dengan standar pelayanan konsumen dan standar peraturan yang ada. Hal ini berarti, semua produk APAR Tonata yang asli memiliki kualitas yang sama, terlepas dimanapun Anda mendapatkannya.

APAR Tonata dan Sertifikasi KAN dan IAF

KAN (Komite Akreditasi Nasional) merupakan lembaga resmi negara Indonesia yang menyelenggarakan layanan akreditasi kepada berbagai badan sertifikasi di Indonesia.

Lalu apa hubungannya dengan sertifikasi APAR Tonata? Alur kerjanya seperti ini. Perusahaan/organisasi yang ingin mendapatkan sertifikasi tertenu, akan meminta sebuah Badan Sertifikasi untuk memberikan layanan sertifikasi tersebut. Untuk jaminan keamanan, Badan Sertifikasi tersebut harus memiliki akreditasi yang masih berlaku dari KAN. Apabila tidak memiliki, maka legalitas badan tersebut dipertanyakan dan sertifikasi yang mereka keluarkan bisa jadi tidak sah.

Keberadaan KAN sendiri sudah diakui secara internasional dan terdaftar sebagai anggota IAF (International Accreditation Forum). Artinya, organisasi/perusahaann yang telah mendapatkan sertifikasi dari Badan Sertifikasi yang terdaftar di KAN, akan lebih mudah untuk mendapatkan sertifikasi IAF.

Proses sertifikasi dari kedua lembaga tersebut terbilang cukup sulit dan memakan waktu yang tidak sedikit, sehingga tidak semua produk memiliki sertifikasi tersebut. Hal inilah yang menjadi keunggulan APAR Tonata. Produk ini telah mendapatkan sertifikasi dari kedua lembaga tersebut, yang artinya kualitas APAR Tonata tidak perlu diragukan lagi dan mampu bersaing dengan produk APAR lainnya.

homepage_1

APAR Tonata dan LHU Laboratorium Damkar

Satu lagi bukti keunggulan APAR Tonata yaitu telah lulus dari LHU (Hasil Uji Lab) dari Lab Damkar Jakarta. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Kebakaran dan Penyelamatan milik Pemprov DKI Jakarta ini merupakan satu-satunya laboratorium di Indonesia yang melaksanakan pengujian bahan, peralatan proteksi, dan penanggulangan kebakaran untuk sertifikasi mutu produk. Setiap alat dan bahan serta komponen proteksi kebakaran (seperti APAR) yang diproduksi dan dipasarkan di daerah Jakarta, bahkan yang berasal dari daerah lain di tanah air wajib melewati uji di lab ini terlebih dahulu.

Setiap produk berupa alat dan bahan dan komponen proteksi kebakaran akan diuji terlebih dahulu. Apabila lolos hasil uji lab (LHU), maka produk tersebut dikatakan aman dan siap dipergunakan bila terjadi kebakaran.

Proses pengujian untuk menilai kinerja APAR oleh Lab Damkar itu sendiri dilakukan dalam 2 tahap yaitu:

  • Tahap pengujian di lapangan untuk mengetahui kinerja bahan, peralatan, komponen pencegah dan pemadam kebakaran.
  • Tahap pengujian di laboratorium untuk mengetahui ketahanan bahan kimia dan sifat-sifat fisik bahan yang dipergunakan oleh APAR tersebut.

Secara umum, tahap pengujian di lapangan dilakukan dengan cara:

  • Mengukur berat tabung
  • Menyediakan bahan yang akan dibakar, disesuaikan dengan jenis APAR serta tipe api yang seharusnya dapat dipadamkan. Sebagai contoh, untuk menguji APAR busa yang dapat memadamkan api tipe A dan tipe B, maka akan disiapkan bahan berupa kayu (tipe A) dan bensin (tipe B). Bahan-bahan tersebut dipersiapkan dalam jumlah yang sudah ditetapkan oleh pihak Lab Damkar sebagai standar kemampuan APAR dalam memadamkan api.
  • Tes dimulai dengan membakar bahan yang sudah disediakan. Setelah itu, APAR yang diuji akan dipergunakan untuk memadamkan api tersebut. Pihak petugas Lab Damkar akan menghitung waktu pemadaman efektif yang dibutuhkan oleh APAR tersebut untuk memadamkan api.
  • Hasil uji berupa waktu pemadaman serta aspek-aspek yang menunjukkan efektifitas APAR akan menjadi bahan laporan dan merupakan salah satu aspek yang menentukan apakah APAR tersebut lulus uji atau tidak.

Setelah itu, pengujian akan dilakukan di laboratorium. Pengujian ini dilakukan untuk menilai kualitas materi pemadam yang dipergunakan. Hal-hal yang diukur pada tahap ini dapat berupa keadaan materi/bahan pada suhu kamar, kadar air, berat isi gembur, berat isi padatan, berat jenis, dan humidity.

Hasil dari LHU Lab Damkar ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu hasil pengujian bahan/materi pemadam, hasil pengujian kinerja alat, dan hasil pengujian daya padam. Setiap aspek/bagian memiliki standarisasi tersendiri. APAR yang berkualitas akan memenuhi standar pada setiap aspek dan lulus LHU Lab Damkar dan mendapatkan nomor sertifikasi resmi yang artinya produk APAR tersebut siap digunakan.

Produk APAR Tonata sendiri sudah diuji di Lab Damkar dan dinyatakan lulus. Artinya, produk pemadam kebakaran dari Tonata ini memenuhi standar keamanan dan standar kinerja dalam memadamkan api. Bersama dengan sertfikasi lainnya seperti SNI ISO 9001:2015 dan sertifikasi KAN serta IAF, APAR Tonata membuktikan diri bahwa produk ini merupakan produk yang handal dan dapat dipercaya.

Fire types Tonata

Ragam Jenis Produk APAR Tonata

Keunggulan produk APAR Tonata sudah tidak perlu diragukan lagi. Saat ini, Tonata memiliki 3 jenis APAR untuk Anda pilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Ketiga jenis APAR tersebut adalah:

  • APAR ABC Powder
  • APAR Karbondioksida
  • APAR Foam

Ukuran APAR Tonata tersedia dalam berbagai pilihan ukuran. Ukuran terkecil adalah 0,5 kg hingga ukuran terbesar seberat 9 kg. Artinya, Anda dapat memilih tabung APAR Tonata yang sesuai kebutuhan dan kondisi lingkungan.

Untuk kebutuhan alat pemadam api dalam ukuran yang lebih besar untuk area penggunaan yang lebih luas, Tonata juga menyediakan berbagai pilihan APAB (Alat Pemadam Api Berat). Ukuran tabung APAB sendiri berkisar dari 25 kg hingga 100 kg. Dengan ragam pilihan yang tersedia dan tentu saja kualitas produk yang tidak perlu diragukan lagi, maka tidak salah bila dikatakan bahwa APAR Tonata adalah pilihan alat pemadam terbaik untuk Anda.

Cek diskon APAR Tonata disini: shop.tonataindonesia.com

Join our newsletter

Volutpat vel turpis nulla lorem sed semper. Aliquam sagittis sem libero viverra vehicula nullam ut nisl.

[contact-form-7 id=”210″ /]

Leave A Comment