perbedaan stored dan cartridge

Apa perbedaan antara APAR stored pressure vs cartridge? Bagi Anda yang sedang mencari APAR sebagai alat keselamatan di rumah atau tempat kerja, Anda bukan hanya dihadapkan pada ragam pilihan tipe media pemadam dan ukuran tabung. Anda juga perlu memilih antara APAR dengan sistem stored pressure vs cartridge.

Sistem APAR seperti apa yang paling cocok untuk kebutuhan Anda? Kenali terlebih dahulu perbedaan dari masing-masing sistem tersebut sebelum menjatuhkan pilihan.

APAR Stored Pressure

tonata plus 3 kg

Tabung APAR stored pressure menggunakan tekanan langsung. Pada tabung ini, media pemadam dicampur dengan gas pendorong berupa nitrogen kering.

Cara Kerja

apar stored pressure

APAR stored pressure bekerja dengan sistem katup buka tutup. Saat handle ditekan, katup akan terbuka dan media pemadam dari dalam tabung akan keluar melalui selang.

Penggunaan APAR tipe ini dilakukan dengan prinsip PASS (Pull, Aim, Squeeze, Sweep). Artinya, tarik pin, arahkan, tekan handle, dan lakukan gerakan seperti menyapu dari sisi ke sisi untuk memadamkan api dari semua area.

Kelebihan dan Kelemahan

Beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh APAR stored pressure adalah:

  • Sistem katup memberikan kontrol terhadap penggunaannya, dimana besar kecil tekanan dapat disesuaikan melalui
  • Pengeluaran media pemadam dapat dihentikan sesuai kebutuhan, cukup dengan melepas handle Hal ini membuat tabung APAR stored pressure dapat dipergunakan berkali-kali dalam satu kejadian kebakaran.
  • APAR tipe ini memiliki alat pengukur tekanan yang memudahkan dalam melakukan pengecekan. Pastikan jarum indikator pada pressure gauge menunjuk pada area hijau yang artinya kondisi tekanan tabung stabil dan siap dipergunakan.

Selain berbagai keunggulan tersebut, Anda juga perlu mengenali kelemahan dari tabung sistem stored pressure:

  • Pengisian ulang tabung APAR stored pressure membutuhkan alat tersendiri yang tersedia di pusat distributor tabung APAR tersebut.
  • APAR stored pressure jenis tertentu yang tidak menggunakan nitrogen kering sebagai gas pendorong harus dibolak-balik setiap bulannya. Hal ini dilakukan agar media pemadam didalam tidak menggumpal.

APAR Cartridge

apar cartridge

Tabung APAR cartridge menggunakan tekanan tidak langsung. Pada tabung ini, gas pendorong (umumnya menggunakan karbondioksida / CO2) berada di tempat terpisah dengan media pemadam (dalam cartridge).

Cara Kerja

Pada dasarnya, cara menggunakan APAR cartridge ini tidak berbeda dengan APAR sistem stored pressure. Keduanya dipergunakan menggunakan metode PASS. Namun, APAR cartridge membutuhkan langkah tambahan.

Sebelum menggunakannya, Anda perlu merobek terlebih dahulu membrane cartridge agar gas pendorong dapat masuk ke dalam tabung dan mendorong media pemadam keluar melalui selang. Apabila hal ini tidak dilakukan, media pemadam tidak akan keluar dan api tidak dapat dipadamkan.

Kelebihan dan Kelemahan

APAR cartridge menawarkan beberapa kelebihan yaitu:

  • Gas pendorong dan media pemadam terletak terpisah, sehingga penggumpalan media tidak akan terjadi. Artinya, Anda tidak perlu repot-repot membolak-balik tabung setiap bulannya.
  • Pengisian ulang APAR cartridge lebih mudah dan cepat, sehingga tidak harus menggunakan tenaga ahli atau datang ke toko APAR tertentu. Hal ini sangat bermanfaat untuk area dimana kebakaran sering terjadi atau untuk area yang terletak di jauh dari pusat keramaian sehingga sulit untuk menemukan tempat pengisian ulang tabung pemadam.

Sementara itu, kelemahan dari APAR dengan sistem ini adalah:

  • Tidak dilengkapi alat pengukur tekanan. Hal ini membuat Anda kesulitan dalam melakukan pengecekan untuk mengetahui apakan tekanan tabung masih aman atau tidak. Anda harus mengeluarkan cartridge terlebih dahulu kemudian melakukan pengukuran.
  • Anda tidak dapat mengontrol tekanan tabung. Tabung ini hanya dapat dipergunakan 1 kali tanpa meninggalkan tekanan cadangan sehingga tidak dapat dipergunakan kembali dalam satu kejadian kebakaran.

Perawatan dan Pemeriksaan Tabung APAR Stored Pressure vs Cartridge

Setelah mengenali perbedaan dasar dari APAR stored pressure vs cartridge, Anda juga perlu mengenali perbedaan dari segi perawatan dan pemeriksaan kedua sistem tersebut.

APAR Tonata 3 Kg

Proses pemeriksaan APAR stored pressure umumnya lebih singkat mengingat komponen yang dipergunakan lebih sedikit. Proses pemeriksaan internal perlu dilakukan setiap 6 tahun sekali dan untuk tes hydrostatic dilakukan setiap 12 tahun.

Di sisi lain, proses pemeriksaan APAR cartridge terbilang lebih panjang dan membutuhkan lebih banyak langkah sesuai dengan jumlah komponen yang lebih banyak. Tes hydrostatic perlu dilakukan setiap 12 tahun sekali, namun untuk pemeriksaan internal umumnya tidak diperlukan.

Terlepas dari perbedaan tersebut, proses pemeriksaan umum untuk kedua sistem tabung APAR harus dilakukan secara rutin dan berkala, yaitu setiap 1 bulan sekali.

Area Penggunaan

Kapan dan dimana sebaiknya Anda menggunakan APAR sistem stored pressure dan sistem cartridge?

Penggunaannya sendiri perlu disesuaikan dengan situasi dan lingkungannya masing-masing. Secara umum, APAR dengan sistem cartridge lebih cocok dipergunakan untuk area industri. Contohnya seperti area pembangunan, area konstruksi berat, jalur produksi mesin di pabrik, area pertambangan, stasiun pengisian bahan bakar, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, APAR tipe ini cocok untuk area dengan risiko kebakaran besar dan berbahaya serta membutuhkan alat pemadam yang dapat diisi ulang dengan cepat.

Bagaimana dengan APAR sistem stored pressure? APAR sistem ini lebih cocok dipergunakan dalam lingkungan sekitar. Contohnya di rumah, sekolah, kantor, restoran, dan berbagai area publik lainnya. Mengapa? Karena APAR stored pressure dapat memenuhi tuntutan kebutuhan penggunaan masyarakat umum dalam berbagai situasi dan kondisi.

Pilihan Tabung APAR Terbaik

Bagaimana dengan Anda? APAR sistem seperti apa yang akan dipilih?

barisan DCP_WATERMARKTOKPED

APAR merupakan sebuah alat keselamatan. Alat ini harus tersedia disetiap lingkungan. Untuk penggunaan dalam lingkungan sekitar Anda, disarankan untuk menggunakan APAR stored pressure. Mengapa? Ada beberapa alasan yaitu:

  • Cara penggunaan yang praktis, lebih mudah dipergunakan tanpa harus memikirkan langkah tambahan lain.
  • Sifatnya yang lebih portable
  • Ketersediaan di pasaran. Secara umum, akan jauh lebih mudah menemukan tabung APAR stored pressure dibandingkan sistem Hal ini juga berkaitan dengan kemudahan dalam sistem isi ulangnya nanti.
  • Tekanan penggunaan yang dapat dikontrol membuatnya dapat dipergunakan secara berulang dalam satu kejadian kebakaran. Anda dapat memadamkan api di beberapa titik dalam satu waktu dengan menggunakan satu tabung saja.

Ragam Tabung APAR Tonata

Tonata merupakan salah satu brand terkemuka yang menyediakan ragam pilihan APAR dan APAB untuk berbagai kebutuhan. Ukuran APAR dan APAR yang tersedia sangat beragam mulai dari ukuran 1 kg, 2 kg, hingga 12 kg semua tersedia disini.

tonata plus

Bagaimana dengan media pemadamnya? Semua pilihan media pemadam seperti ABC powder, clean agent liquid gas, foam, dan karbondioksida juga tersedia lengkap disini. Satu hal lagi, Tonata juga menyediakan layanan isi ulang tabung APAR sistem stored pressure untuk semua jenis media pemadam. Ragam keunggulan tersebut membuktikan bahwa brand Tonata itu menyediakan produk lengkap, mudah didapatkan, harga kompetitif, dan kualitas terpercaya, semuanya untuk kepuasan Anda. Belanja APAR Tonata disini!