Burning Car on Road

Berita kebakaran mobil yang sering terdengar belakangan ini tentu saja membawa kekhawatiran tersendiri. Dari hasil penyelidikan ditemukan bahwa salah satu penyebab mengapa api penyebab kebarakan tidak dapat diatasi adalah karena minimnya atau ketiadaan alat pemadam api di mobil tersebut. Hal ini merupakan hal yang dapat dihindari dengan menyediakan alat pemadam api ringan (APAR) di dalam setiap kendaraan. Pertanyaannya adalah, apakah Anda sudah memiliki APAR di dalam kendaraan pribadi Anda? Bila belum, sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk membelinya sekarang juga.

Masih ragu tentang pentinya APAR? Berikut ini adalah 6 alasan pentingnya memiliki APAR di dalam setiap jenis kendaraan:

1. Langkah terbaik mewaspadai segala kemungkinan

Cigaretter Lighter in Car

Kebakaran mobil, motor, ataupun kendaran jenis lain dapat terjadi kapan saja. Penyebabnya juga sangat beragam mulai dari masalah mesin ataupun kebakaran yang disebabkan oleh faktor eksternal. Sebagai bentuk kewaspadaan, sangatlah penting bagi Anda untuk melengkapi mobil dengan APAR. Dengan adanya alat kelengkapan keamanan ini, bila sewaktu-waktu terjadi kebakaran yang menimpa kendaraan Anda, atau mungkin kendaraan lain yang dekat dengan Anda, maka Anda dapat menggunakannya untuk mencegah agar kebakaran tersebut tidak meluas dan merembet ke area lain.

Dengan ini, Anda dapat menjaga keamanan diri dan keluarga, serta para pengendara kendaraan lainnya di jalan raya.

2. Bentuk kepatuhan terhadap peraturan pemerintah

Dishub Employee

Tahukah Anda bahwa kepemilikan APAR merupakan salah satu bentuk kepatuhan terhadap peraturan yang telah ditetapkan pemerintah. Beberapa daerah bahkan telah membuat Perda khusus yang mengatur mengenai hal ini.

Salah satunya adalah pemerintah daerah DKI Jakarta. Pemda Jakarta memiliki Perda yang mengatur tentang pemadam api ringan, yaitu dalam Perda 8/2008. Beberapa pasal dalam Perda ini menyatakan dengan jelas perihal pentingnya memiliki APAR. Salah satunya tercatat dalam pasal 5 yang menyatakan bahwa pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran itu berpotensi pada kendaraan khusus (pribadi/operasional instansi), maupun kendaraan umum.

Secara lebih khusus, pasal 31 menyatakan bahwa setiap pemilik dan atau pengelola kendaraan umum dan khusus, wajib menyediakan alat pemadam api ringan sesuai dengan potensi bahaya kebakaran.

Selain menyatakan perihal kewajiban untuk memiliki APAR, Perda ini juga menyatakan tentang sanksi bagi mereka yang melanggar. Dalam pasal 61 dinyatakan bahwa mereka yang melanggar diancam dengan sanksi pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp. 50 Juta.

Berdasarkan pasal-pasal dalam Perda tersebut, terlihat jelas bahwa kepemilikan APAR bukan hanya menjadi salah satu cara menjaga keselamatan diri dan keluarga Anda, melainkan juga sebagai bentuk ketaatan terhadap peraturan pemerintah.

3. Sebagian mobil belum memiliki sensor api

mobil terbakar

Sensor api merupakan salah salah fitur yang semakin umum ditemukan pada produksi mobil keluaran terbaru. Sesuai dengan namanya, sensor ini akan mendeteksi kemunculan percikan api pada seluruh bagian mobil terutama daerah mesin. Pada dasarnya, sensor ini menjadi semacam peringatan dini bagi pemilik mobil dan penumpang mengenai adanya percikan api yang berpotensi menjadi kebakaran dan harus segera ditangani.

Sayangnya, sebagian besar kendaraan baik mobil ataupun bus belum memiliki sensor ini sehingga keberadaan api tidak akan diketahui sebelum api tersebut membesar. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memiliki APAR di dalam setiap kendaraan, untuk memadamkan api sebelum menjadi lebih besar dan merambat ke bagian kendaraan yang lain.

4. Penggunaan APAR lebih aman dan efektif

APAR di Mobil

Media pengisi tabung APAR berbeda-beda sesuai dengan resiko kebakaran yang ada. Untuk kendaraan bermotor seperti motor, mobil, dan bus, resiko kebakaran umumnya berkaitan dengan peralatan elektronik atau mesin kendaraan. Untuk memadamkan api seperti ini tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Memadamkan api yang disebabkan oleh korslet menggunakan air justu akan lebih berbahaya karena dapat membuat aliran listrik menyebar kemana-mana.

Penggunaan APAR untuk memadamkan api yang disebabkan oleh korslet terbukti jauh lebih aman dan minim risiko bagi orang-orang disekitarnya. Selain itu, api juga akan lebih cepat padam sehingga tidak akan menyebar lebih luas dan menyebabkan kerusakan yang lebih besar.

Penggunaan APAR juga lebih aman untuk berbagai jenis benda yang ada di dalam kendaraan, misalnya saja peralatan elektronik, buku, hingga dokumen-dokumen penting. Dengan menggunakan alat ini, semua benda-benda tersebut akan tetap aman dan tidak rusak.

5. Sifatnya yang portable dan tersedia dalam berbagai ukuran sesuai ukuran mobil

APAR Tonata 1 Kg

Alasan lain perihal pentingnya memiliki APAR di dalam kendaraan adalah dari segi ukuran alat ini. Sesuai dengan namanya, alat ini cukup ringan dan sangat mudah dibawa kemana saja. Selain itu, APAR dapat dioperasikan dengan mudah oleh satu orang saja.

Tidak hanya itu, alat ini tersedia dalam berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan ukuran mobil. Untuk mobil ukuran kecil, Anda dapat menggunakan APAR berukuran 1 kg, sementara untuk mobil sedang, Anda bisa menggunakan tabung berukuran 2 kg, dan untuk mobil berukuran besar, pilihannya adalah tabung ukuran 3 kg atau 5 kg.

6. Tersedia dalam berbagai pilihan harga

barisan DCP_WATERMARKTOKPED

Produk APAR tersedia dalam berbagai pilihan harga yang dapat dipilih sesuai dengan budget masing-masing. Perbedaan harga ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti ukuran tabung dan media atau bahan utama dalam tabung. Semakin besar ukuran tabung maka akan semakin mahal harganya.

Dari segi bahan utama atau isi dalam tabung, Anda dapat menemukan beberapa pilihan. Mulai dari tabung APAR yang berisi media gas clean agent, media powder, CO2 atau karbondioksida, dan busa. Dari beberapa pilihan tersebut, APAR yang menggunakan media powder dan CO2 merupakan tipe APAR yang paling banyak tersedia di pasaran. Keduanya juga memiliki harga yang terbilang lebih terjangkau dan pas di kantong.

Namun khusus untuk kendaraan, jenis APAR yang paling cocok dipergunakan adalah APAR yang berisi media powder atau serbuk kimia kering. Serbuk kimia kering ini berbahan dasar mono ammonium fosfat yang dapat dipergunakan untuk kebakara kelas A,B, dan C. Takaran serbuk itu sendir sangat beragam, mulai dari 40% hingga 90%. Perbedaan takaran ini juga akan mempengaruhi harga produk tersebut. Tersedianya ragam pilihan produk APAR ini lebih memudahkan siapa saja untuk melengkapi kendaraan mereka dengan alat keamanan ini, walaupun dengan budget yang terbatas.

Kebakaran Mobil 2

Semua hal ini menunjukkan pentingnya memiliki APAR di dalam kendaraan. Apapun jenis kendaraan tersebut mulai dari mobil, bus, truk, minivan, kendaraan pribadi, institusi, ataupun kendaraan umum wajib dilengkapi dengan produk ini. Jadi, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak melengkapi semua kendaraan Anda dengan alat pemadam api ringan ini, untuk keamanan semua pihak baik diri sendiri, keluarga, dan juga orang lain yang ada di sekitar Anda.

Jangan salah dalam memilih alat pemadam api dengan harga yang mahal, karena banyak penjual APAR yang memanfaatkan pembeli yang awam dan tidak mengerti dunia pemadaman api. Tonata Indonesia menyediakan harga terbaik dan menyediakan konsultasi gratis untuk bertanya-tanya tentang APAR atau lainnya. Kamu bisa menghubungi kami via marketplace atau via Whatsapp disini!

Join our newsletter

Volutpat vel turpis nulla lorem sed semper. Aliquam sagittis sem libero viverra vehicula nullam ut nisl.

[contact-form-7 id=”210″ /]

Leave A Comment